Kamis, 04 September 2014

Resume Diskusi Kelas

A. Tugas Manajemen Keuangan

=> LABA => SUSTAINABILITY => MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN => MENINGKATKAN KEMAKMURAN PEMEGANG SAHAM

   Konsep manajemen keuangan yaitu meningkatkan laba secara maksimal dengan sustainability perusahaan, dimana ketika laba meningkat perusahaan tetap berdiri dan tidak mengalami likuidasi yang diakibatkan karena mengalami laba yang maksimal namun hanya sekali dan tidak sustainability. Oleh karena itu ketika laba maksimal harus secara sustainability. Laba yang maksimal tidak menjamin terciptanya sustainability perusahaan. Setelah perusahaan sustainability selanjutnya adalah meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan nilai perusahaan :

a. Harga Pasar Saham
    Nilai perusahaan dilihat dari harga saham yang dimana ketika harga saham tinggi maka nilai perusahaan juga tinggi, begitu juga sebaliknya. Nilai perusahaan menunjukkan prospek perusahaan dan kinerja perusahaan. Nilai perusahaan dinilai dan disepakati oleh investor.

b. Nilai Likuidasi
      Nilai perusahaan dilihat dari keseluruhan aset yang dijual ketika mengalami likuidasi atau pembubaran.

   Lalu yang terakhir adalah bagaimana meningkatkan kemakmuran pemegang saham, tugas manajemen keuangan juga meningkatkan kemakmuran pemegang saham karena seorang pemegang saham mau menanggung resiko dan ketidakpastian yang dihadapi oleh perusahaan.

B. Fungsi Manajemen Keuangan

   Fungsi manajemen keuangan berkaitan dengan investasi (alokasi dana), kebijakan financial (pendanaan pasif), kebijakan modal kerja, dan kebijakan deviden.

  1. Kebijakan Investasi yaitu kebijakan untuk alokasi dana kedalam berbagai macam aset sesuai dengan keutamaan dan sebagai pembelanjaan aktif.
  2. Kebijakan Financial yaitu pendanaan untuk pendanaan pasif. 
  3. Kebijakan Modal Kerja yaitu kekayaan atau aktiva yang diperlukan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, dimana aktiva lancar ini bisa menghidupi aktiva tetap baru bisa dikatakan sebagai modal kerja. Rumusnya : modal kerja = aktiva lancar – hutang lancar.
  4. Kebijakan Deviden yaitu pembagian laba yang diperoleh perusahaan kepada pemegang saham sebagai deviden atau ditahan sebagai laba untuk investasi yang akan datang.

   Manajemen keuangan juga harus memperhatikan laba ekonomi dan laba akuntansi perusahaan. Perbedaan antara laba ekonomi dengan laba akuntansi adalah laba di akuntansi belum tentu laba ekonomi. Rumusnya untuk mencari laba ekonomi :

Laba ekonomi = EAT– opportunity cost

   Laba ekonomi harus lebih dibanding EAT karena ketika EAT lebih kecil maka akan terjadi Opportunity cost yaitu kesempatan untuk mendapatkan hasil yang lebih tetapi hilang karena memilih alternatif lain atau sering disebut mengalami kesia-siaan untuk mendapatkan hasil yang lebih.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar